Kontingen Pentas PAI Nasional di Makassar Mulai Berdatangan

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar -Perhelatan Nasional Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) ke IX di Kota Makassar Sulawesi Selatan akan berlangsung 9 - 14 Oktober 2019. Hari ini, Selasa (08/10), kontingen daerah mulai berdatangan, dan tim Provinsi Maluku menjadi yang pertama tiba di Bumi Anging Mammiri. 

Tim Provinsi Maluku mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar pukul 09.05 WITA. Kontingen ini berjumlah 21 orang, terdiri dari 12 peserta dengan 9 official dan pendamping. Mereka dipimpin oleh Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag Prov. Maluku La Fattah. 

Kehadiran Kontingan Maluku disambut Kepala Seksi PAIS Kemenag Kab. Kepulauan Selayar Drs. H.M. Yahya yang bertugas sebagai LO khusus bagi Kontingen Provinsi Maluku. Dari bandara, tim diantar dengan bus Dinas Perhubungan Prov. Sulsel ke Asrama Haji Sudiang Makassar.  

Pentas PAI Tingkat Nasional dipusatkan di Asrama Haji Sudiang Makassar. Panitia Nasional dan Lokal terus mempersiapkan lokasi kegiatan, termasuk penyambutan setiap kontingen yang datang dari seluruh Propinsi di Indonesia. 

Pentas PAI Tingkat Nasional ke IX di Makassar ini rencananya akan dibuka Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin pada Kamis (10/10) pagi. Pentas PAI didesain untuk internalisasi nilai-nilai ajaran Islam sehari-hari yang dikemas dalam bentuk lomba.  

Ada 10 jenis lomba, yaitu: Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Hifdzil Quran (MTQ), Lomba Pidato PAI (LP-PAI), Lomba Kaligrafi, Lomba Seni Nasyid, Lomba Debat PAI,Lomba Kreasi Busana, Lomba Cerdas Cermat, Lomba Penulisan Cerita Remaja Islami, dan Lomba Penulisan Karya Ilmiah Remaja PAI. Ide dan pesan pluralisme akan masuk dalam tema-tema perlombaan seperti dalam lomba pidato, debat, nasyid, dan cerdas cermat. (p/ab)